Berita Kecamatan

Komitmen Berikan Layanan Informasi Publik, Desa Cangkingan Dapatkan Apresiasi Komisi Informasi

Komitmen Berikan Layanan Informasi Publik, Desa Cangkingan Dapatkan Apresiasi Komisi Informasi

KECAMATAN KEDOKANBUNDER – ‘Desa Digital’ Cangkingan terus memberikan informasi kepada publik baik informasi data desa maupun informasi lainnya. Atas komitmnennya itu, Desa Cangkingan masuk ke dalam 3 besar sebagai desa yang akan mendapatkan apresiasi dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Barat.

Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat telah menyeleksi 5.312 desa yang ada Jawa Barat dengan berbagai tahapan untuk mendapatkan Apresiasi Desa.

Saat ini hasil dari penilaian 5.312 desa di Jawa Barat tersebut telah menghasilkan 3 besar desa yang layak untuk mendapatkan Apresiasi Desa, salah satu desa tersebut yakni Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu.

Kepastian Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder masuk dalam 3 besar tersebut tertuang dalam surat Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat yang ditujukan kepada Kuwu Desa Cangkingan tertanggal 15 Juni 2022.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, H. Ijang Faisal tersebut menyatakan Desa Cangkingan telah masuk dalam 3 besar dan KI akan melakukan assesment langsung ke Desa Cangkingan pada hari Selasa 21 Juni 2022 mendatang.

Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi menyatakan, Apresiasi Desa merupakan penghargaan dari Komisi Informasi kepada desa yang telah mendesiminasikan berbagai informasi kepada warga desanya.

Menurut Atang, Desa Cangkingan sangat massif dalam memberikan informasi desa berupa info pembangunan desa, kecamatan, dan kabupaten melalui website maupun kanal media sosial. Selain itu, tersaji juga data-data lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat melalui website sebagai sumber informasi.

“Kita sangat apresiasi terhadap rencana Komisi Informasi yang akan assesment di Desa Cangkingan pada hari Selasa nanti. Hal positif ini harus terus kita tularkan kepada desa lainnya di Kecamatan Kedokanbunder,” tegas Camat, Jum’at (17/6/2022).

Sementara itu Kuwu Desa Cangkingan, Didi Wahyudi mengatakan, informasi yang diberikan kepada masyarakat desanya sangat bervariatif dan bermanfaat bagi yang membaca atau melihatnya termasuk informasi APBDes yang selalu tersedia di ruang publik yang bisa diakses oleh masyarakat.

“Alhamdulillah pembinaan dan pendampingan secara terus menerus dari pihak Kecamatan Kedokanbunder tentang desa digital dan desiminasi informasi menjadi buah manis bagi kami. Apresiasi Desa dari Komisi Informasi ini dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Desa Cangkingan dan Indramayu,” tutur Didi. (Aa Deni/Kec. Kedokanbunder)